Ubuntu Memiliki Masa Depan di Ponsel

Canonical, yang telah berusaha menempatkan Ubuntu sebagai distribusi Linux pilihan untuk komputasi awan, memiliki target pasar yang baru dalam pikiran untuk OS: ponsel Anda.

Pada Ubuntu Developer Summit pada hari Senin, Canonical akan mulai berbicara Ubuntu sebagai pilihan yang layak untuk telepon atau tablet masa depan, kata pendiri Canonical Mark Shuttleworth.

Ini ada prestasi berarti. Ubuntu Linux memiliki pangsa pendukung, tetapi sebagai OS server itu tertinggal Linux Red Hat dalam adopsi perusahaan. Dan pasar OS ponsel sudah didominasi oleh Apple IOS dan Google Android, dengan Microsoft membuat bermain akhir dengan Windows Phone 7. Sudah ada korban: Blackberry, sekali pesaing yang tangguh, memudar, dan tampaknya seperti WebOS petualangan HP akan dipetieskan. Satu kubu berpikir yang lebih dari sistem operasi yang cukup mobile. Lain mengatakan bahwa selalu ada ruang untuk pemain, baru yang kreatif dalam pasar booming.

Menghitung Shuttleworth, yang punggung Ubuntu dengan uang sendiri, dalam kelompok kedua. Dia siap mengakui bahwa Apple adalah incumbent yang tangguh tetapi juga menyatakan bahwa akuisisi Google tertunda dari Motorola akan menggoyang. Pembuat handset yang sekarang menggunakan Android akan harus bersaing dengan pembuat handset milik Google.

"Kesepakatan Google-Motorola mengubah segalanya," kata Shuttleworth sementara mengakui jalan sulit di depan. "Gagasan bahwa [status quo mobile OS] adalah kesepakatan dilakukan memiliki beberapa manfaat dan kita tidak memiliki produk mobile saat ini tetapi tingkat bunga tinggi. . . dan ada kelaparan yang mendasari kedua di industri pada umumnya dan di dunia open source, perangkat lunak bebas untuk kepemimpinan dalam hal ini, "katanya.

"Kami akan merangkul ponsel dan tablet dan juga layar cerdas - apakah mereka pintar TV atau monitor atau perangkat sentuhan lain. Itu cukup radikal lingkup luas untuk pekerjaan yang kita lakukan dengan Ubuntu sekarang, "kata Shuttleworth dalam sebuah wawancara sebelum acara.

Dorongan smartphone akan membangun karya awal Canonical telah dilakukan dengan Persatuan antarmuka untuk netbook, sentuh perangkat dioperasikan atau kecil-form-factor perangkat, katanya.

Shuttleworth mengatakan bahwa Canonical ingin terlibat pengembang dalam diskusi sekitar ini target pasar baru di puncak, namun tidak akan ada banyak waktu spesifik sekitar dan peta jalan. "Ini hanya awal percakapan," katanya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Huawei Band 9, Bagus atau Tidak? Termukan Kelebihan dan Kekurangan Huawei Band 9

Menonaktifkan Facebook Timeline