Terlalu Dioptimasi, Siap-siap dapat Pinalti dari Google


Optimasi mesin pencari atau lebih kerennya SEO menjadi bagian yang tak terpisahkan ketika kita membangun sebuah website. Hal ini disebabkan saat ini banyak orang menggunakan mesin pencari ketika membutuhkan sesuatu. Selain itu menduduki posisi terbaik di halaman hasil pencarian akan memberikan keuntungan bagi pemilik website.

Kebutuhan untuk menduduki posisi terbaik ini menjadikan pemilik website melakukan berbagai cara agar dapat menduduki posisi tersebut. Secara umum cara yang digunakan dapat dibagi menjadi 2 yaitu On Page dan Off Page. On Page berarti mengoptimasi halaman pada website terhadap kata kunci yang diinginkan. Sedangkan Off Page berarti mengoptimasi dari luar website, misalnya link building.

Keinginan mendapatkan posisi terbaik di hasil pencarian menjadikan banyak pemilik website tanpa sadar atau dengan sadar terlalu mengoptimasi halaman webnya. Buruknya halaman yang terlalu teroptimasi ini biasanya mengabaikan kualitas konten, sehingga pengguna mesin pencari merasa kecewa dengan hasil mesin pencari karena website dengan konten yang bagus dikalahkan oleh website dengan konten yang kurang bagus tapi teroptimasi di mesin pencari.

Google sebagai mesin pencari yang banyak digunakan merespon keadaan tersebut. Seperti di tulis oleh SearchEngineLand, Google sedang mengembangkan algoritma untuk memberikan pinalti kepada website yang terlalu dioptimasi dan akan dirilis beberapa minggu ke depan. Google sendiri belum memberikan pengumuman resmi mengenai hal ini.

Sayangnya pada tulisan tersebut belum ada penjelasan lebih rinci tentang website yang terlalu dioptimasi. Jadi mari kita tunggu saja rilis resmi Google tentang hal ini. Sebagai pengguna tentu sangat senang dengan hal ini sehingga kita tidak lagi terjebak dengan website abal-abal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Huawei Band 9, Bagus atau Tidak? Termukan Kelebihan dan Kekurangan Huawei Band 9

Menonaktifkan Facebook Timeline